Senin, 20 Juni 2011

Prosedure Non-GMDSS VHF Radiotelephone


 
TABEL 1 – Fonetis alfabet & Gambar-Ejaan Tabel  

 

 Huruf  Penulisan  Dibaca
A         Alfa             ALFAH
B         Bravo          BRAH VoH  
C        Charlie         CHAR LEE 
D        Delta            DELL TAH 
E         Echo            Ek COH 
F        Foxtrot          FOKS Trot 
G       Golf               GOLEF 
H       Hotel             HOH TELL 
I         India             IN DEE AH 
J        Juliet              JU LEE Ett 
K       Kilo              KI LOH 
L       Lima              LEE MAH 
M      Mike             MAIK 
N      November     NO VEM BER 
O      Oscar            OSS CAH 
P       Papa             PAH PAH 
Q      Quebec         KEH Beck 
R       Romeo         ROW ME OH 
S      Sierra             SE RAH 
T      Tango            TANG GO 
U      Uniform         UNEE FORM 
V      Victor           Vik TAH 
W     Wiski            Wiss KI 
X      X-ray            Eks RAY 
Y      Yankee         YANG KI 
Z      Zulu               ZOO LoO
 

 

 
CATATAN: suku kata yang akan ditekankan adalah dalam huruf tebal.

 

Angka & Tulisan          Dibaca
0    NADAZERO           NAH-DAH-Zay-ROH
1    UNAONE                YU-NAH-Wan
2    BISSOTWO            BI-SOH-TOO
3    TERRATHREE        TIRA TE RI
4    KARTEFOUR         KAR-TE FOR
5    PANTAFIVE           PAN-TA PAIP
6    SOXISIX                 Sok-SEE-SIK
7    SE1lESSEVEN        SEK SE SEPEN
8    OKTOEIGHT         OK-toh-AIT
9    NOVENINE           NO-VE-NAIN
      Desimal Point           DECIMAL DE-SEE-MAL
      Full Berhenti             STOP STOP

 
CATATAN: Setiap suku kata harus sama-sama ditekankan. 

 
OVER = Mesage berakhir, jawaban yang diminta
OUT = Pesan berakhir, tidak menjawab permintaan

 

 

 
TABEL 2 – Posisi dalam Kode dari Kode Internasional Sinyal 

 

 
1) Oleh Bearing dan Jarak dari Landmark.
 
Kode huruf A (Alfa) diikuti oleh tiga kelompok angka baringan sejati benda darat;
 
Nama benda darat;
 
Kode huruf R (Romeo) yang diikuti oleh satu atau lebih angka-angka untuk jarak dalam mil laut. 
 
atau  
 
2) By Latitude dan Longitude.
 
Lintang: Kode huruf L (Lima) yang diikuti oleh empat kelompok angka (2 angka untuk Degrees, 2 angka Menit) dan baik – N (November) untuk Lintang Utara, atau (Sierra) untuk Lintang Selatan.
 
Longitude: Kode huruf G (Golf) diikuti dengan angka lima kelompok; (3 angka Degrees, 2 angka Menit) dan baik – E (Echo) untuk Bujur Timur, atau W (Whiskey) untuk Bujur Barat.
  
 
TABEL 3 – Nature of Distress dalam Kode dari International Code of Sinyal 
 
Kode Surat Kata-kata yang akan Transmitted Teks Sinyal
 
AE (Alfa Echo) saya harus meninggalkan kapal saya 
BF (Bravo Foxtrot)  Pesawat terbang yg memberikan posisi yang ditunjukkan membutuhkan bantuan segera
 
CB (Charlie Bravo)  saya memerlukan segera bantuan 
CB6 (Charlie Bravo Soxisix) Saya membutuhkan bantuan segera. Aku terbakar 
DX (Delta X-ray )saya tenggelam 
HW (Hotel Whiskey) saya bertabrakan dengan surface craft 

 
Jawaban untuk Kapal dalam bahaya 

 
CP (Charlie Papa) Saya melanjutkan bantuan Anda
ED (Echo Delta) Signal anda tak dapat di pahami
EL (Echo Lima) Ulangi posisi bahaya anda

 

 

 
CONTOH dari berita bahaya

 
1. Bila memungkinkan, mengirimkan ALARM SIGNAL diikuti oleh kata-kata yang diucapkan Mayday Mayday Mayday …… (nama kapal yang diucapkan tiga kali, atau dieja kapal Kode panggil tiga kali dengan menggunakan TABEL 1 ) Mayday …… (nama atau Kode panggil kapal) Interco Nadazero Unaone Alfa Romeo Pantafive Ushant Delta Kartefour Nadazero X-ray “(Kapal) in Distress Posisi 015 Derajat Ushant 40 mil aku tenggelam.”

 

 

 
2. Bila memungkinkan, mengirimkan ALARM SIGNAL diikuti oleh kata-kata yang diucapkan Mayday Mayday Mayday …… (nama kapal yang diucapkan tiga kali, atau dieja kapal Kode panggil tiga kali dengan menggunakan TABEL 1 ) Mayday …… (nama atau kapal Kode panggil) Interco Lima Pantafive Kartefour Bissotwo Pantafive November Golf Nadazero Unaone Soxisix Terrathree Terrathree Whiskey Charlie Bravo Soxisix. “(Kapal) in Distress 54 25 Lintang Utara 016 33 Bujur Barat saya memerlukan bantuan segera, saya terbakar.”

 

 

 
NAMA KAPAL …………………. Kode panggil …………………………

 

 

 
PROSEDUR transmisi Distress(Untuk digunakan hanya bila dalam keadaan bahaya dan SEGERA BANTUAN diperlukan)

 
1. Pastikan pemancar diaktifkan dan set ke VHF Channel 16.

 2. Kemudian berkata: 
Mayday Mayday Mayday

 
INI ……….. (Kapal nama atau Kode panggil 3 kali)

 
Mayday diikuti oleh nama kapal atau Kode panggil

 
POSISI …………………………. …………………………………….

 
SIFAT Distress ………………… .……………….. …………………..

 
AID REQUIRED ……………… ……………… …….………………

 
JUMLAH ORANG-ORANG TENTANG DEWAN dan USEFUL INFORMASI APAPUN

 

 
3. Mendengarkan jawaban dan jika tidak ada mendengar ulangi prosedur di atas.

 
CONTOH:

 
“Mayday, Mayday, Mayday,
Ini adalah teladan, teladan, teladan,
Mayday, teladan, Posisi 54 25 Utara 016 33 Barat,
Perahu terbakar dan tenggelam, saya memerlukan bantuan segera,
4 orang di kapal, sedang mengambil sekoci, OVER. “

 

 
PENERIMAAN BERITA BAHAYA, BERITA PETING DAN PESAN KESELAMATAN

 
Setiap pesan diawali oleh salah satu pro-kata berikut keprihatinan Keselamatan. Jika Anda menerima pesan yang diawali dengan salah satu dari mereka memberi perhatian khusus dan jika mungkin menuliskannya. Selalu mengizinkan sedikitnya 3 menit untuk Stasiun Coast untuk menjawab sebelum menjawab.

 
Mayday Berarti bahwa kapal, pesawat terbang, kendaraan lain atau orang / s adalah dalam kuburan dan bahaya dan memerlukan bantuan segera.

 
Mayday RELAY Berarti bahwa stasiun memanggil menyampaikan pesan dari kapal, pesawat terbang, kendaraan lain atau orang / s dalam kuburan dan bahaya dan memerlukan bantuan segera.

 
PAN-PAN Berarti bahwa stasiun pemanggilan memiliki pesan penting tentang keselamatan kapal, pesawat terbang, kendaraan lain atau orang / s.

 
PAN-PAN Medico Berarti bahwa stasiun pemanggilan membutuhkan bantuan medis atau saran.

 
Sécurité Berarti bahwa stasiun pemanggilan memiliki pesan tentang keselamatan navigasi atau memberi peringatan meteorologi penting.

  
Berikut kata-kata pro akan diteruskan jika Anda mengganggu transmisi selama situasi tertekan

 
SEELONCE Mayday Berarti bahwa stasiun pengendali, dalam situasi kesusahan kepada Anda untuk memulai dan mempertahankan keheningan radio. Setelah menerima pesan ini harus menghentikan transmisi.

 
SEELONCE Distress Berarti bahwa stasiun kapal (yang mungkin terlibat dalam suatu situasi bahaya) kepada Anda untuk memulai dan mempertahankan keheningan radio. Setelah menerima pesan ini harus menghentikan transmisi.

Semoga Bermanfaat

 

 
Source : infokapal.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar